DI SINI TEMPATNYA UANG!!!!SILAHKAN KLIK!!!

Sabtu, 09 Mei 2009

Mengunakan Cue File untuk MP3

Apa yang paling menjengkelkan bila mendapatkan file lagu MP3 nonstop panjang

Bagi pemburu lagu di Internet, setidaknya 1 atau 2 kali pernah mendapatkan file lagu MP3 nonstop. Setelah selesai mendownload dan membuka file, bagian paling mengecewakan adalah file yang didapat. Ternyata hasil download adalah file lagu nonstop atau utuh satu album tanpa dipotong terlebih dahulu.

Tetapi pada bagian file, misalnya file yang dipadatkan dengan format RAR, ternyata menyertakan sebuah file dengan Extension CUE sebagai petunjuk track dari file MP3

Seperti gambar text dibawah ini, isi file CUE berisikan nama lagu dan durasinya.

PERFORMER "MDB"
TITLE "BEAUTIFUL VOICES 016 (SCHILLER SPECIAL PART 2)"
FILE "MDB - BEAUTIFUL VOICES 016 (SCHILLER SPECIAL PART 2).mp3" MP3
TRACK 01 AUDIO
TITLE " (Intro)"
PERFORMER "Schiller"
INDEX 01 00:00:00
TRACK 02 AUDIO
TITLE "Sunrise (Original Version)"
PERFORMER "Sleepingland"
INDEX 01 00:51:09
TRACK 03 AUDIO
TITLE "Summertime (Reprise)"
PERFORMER "Blüchel & Von Deylen"
INDEX 01 03:26:74
TRACK 04 AUDIO.

Bila menemukan file jenis CUE tersebut bersama satu file yang panjang. Jangan langsung mengeluh dan garuk kepala. Ada cara untuk memotong file lagu tersebut dengan mudah, dan membagi bagian lagu MP3 secara otomatis.

Ada 2 software Freeware yang khusus untuk mengextract dari file lagu MP3 untuk mengembalikan file menjadi potongan lagu dari masing masing judul.

Ada 2 software untuk memotong file lagu yang panjang

Ada 2 software yang kami coba untuk memisahkan file MP3 yang panjang.

Musicutter.

Software ini sangat kecil dan sederhana. Bukalah file MP3 yang panjang, lalu pada bagian Import from file, masukan nama file CUE.

Selesai click bagian Cut Now, maka file akan terpotong menjadi bagian lagu sesuai track dan judul lagu masing masing.

Anda dapat mencari software ini di musicutter.host.sk, atau via link Rapidshare musicutter0.7.1.zip. Musicutter paling banyak digunakan karena ukurannya sangat kecil dan mudah dalam pengunaan.

Medieval Cue Splitter

Software kedua memiliki kemampuan lebih baik, dengan akurasi lebih tepat bila mengextract file dengan panduan CUE file. Berbeda dengan Musicutter, penguna Medieval Cue Splitter cukup langsung membuka Extension file CUE. Dan software Medieval Cue Splitter akan meminta ke mana file akan di extract.

Medieval Cue Splitter memiliki kinerja lebih cepat dibandingkan Musiccutter, dengan akurasi lebih baik sehingga meminimalkan kegagalan ketika proses pemotongan file. Tetapi ukuran software tersebut lebih besar dibandingkan Musicutter.

Anda dapat mencari file ini di Medieval.it

Saran dalam mengunakan file CUE

Sebelum mengextract file MP3 dengan panduan CUE, ada baiknya file MP3 dan CUE dimasukan kedalam satu directory. Hal ini untuk menghindari kesalahan ketika mengextract tiap file MP3 yang dipecah oleh kedua software tersebut.

Kedua software tersebut adalah Freeware. Untuk saran kami, Medieval Cue Splitter walaupun memiliki ukuran software lebih besar dibandingkan Musicutter. Tetapi memiliki kinerja dan akurasi lebih tepat sehingga mengurangi resiko terjadinya error.

1 komentar:

Unknown at 12 Juni 2021 pukul 03.46 mengatakan...

nemu blog ini di 2021 bener" kebantu. sehat terus buat admin amin

Posting Komentar

 
Home | About | Link | Link
Simple Proff Blogger Template Created By Herro | Inspiring By Busy Bee Woo Themes