DI SINI TEMPATNYA UANG!!!!SILAHKAN KLIK!!!

Sabtu, 09 Mei 2009

ATI Power Saving dengan Overdrive

Power VGA terbaru membutuhkan arus DC besar, adakah cara untuk menghemat pemakaian power VGA. Produsen VGA boleh saja mengatakan bahwa mereka mengunakan chip dengan teknologi lebih kecil. Selain menghemat biaya produsksi, memakai ukuran silikon lebih kecil akan dapat menekan pemakaian power tanpa meninggalkan kecepatan VGA itu sendiri.

Antara 2D dan 3D memiliki dampak berbeda

Kapan sebuah VGA mengkonsumsi power paling besar?Pastinya ketika VGA bekerja pada aplikasi gaming, proses 3D akan dilakukan penuh oleh GPU dan pemakaian power yang dibutuhkan juga maksimal.

Produsen VGA berupaya agar GPU mereka tidak terlalu banyak mengkonsumsi power. Seperti produk ATI memberikan 2 kecepatan antara 2D dan 3D. Contoh saja pada test pengujian dengan PowerColor Radeon HD 4850, GPU ATI 4850 memiliki 2 kecepatan berbeda pada kodisi 2D dan 3D.

Ketika VGA digunakan untuk aplikasi biasa, seperti kinerja office dengan kinerja 2D. Maka VGA akan menurunkan kecepatan clock GPU lebih rendah dibandingkan kecepatan 3D.Untuk 2D misalnya kinerja GPU hanya bekerja pada speed 500Mhz. Sedangkan kinerja GPU pada aplikasi 3D seperti gaming, maka VGA akan meningkat pada kecepatan 625Mhz.

Tentu menjadi pertanyaan bagi anda, misalnya apakah konsumsi power sebuah VGA PowerColor Radeon HD 4850 dapat diturunkan. Jawabnya tentu saja bisa. Tetapi dengan sedikit pengorbanan pada performa untuk menekan pemakaian power VGA.

Caranya dibawah ini

Anda dapat masuk ke bagian control VGA atau Catalyst Control Center. Dan clik bagian ATI Overdrive, disana akan informasi untuk kinerja GPU seperti kecepatan memory dan GPU sampai suhu dan putaran fan yang terjadi.

PowerColor Radeon HD 4850 memiliki 2 kecepatan berbeda. Ketika proses 2D ditangani oleh GPU maka kinerja GPU menjadi 500Mhz dengan kecepatan memory 993Mhz. ketika kinerja GPU menangani 3D seperti gaming, GPU akan naik menjadi 625Mhz dengan kecepatan memory tetap yaitu 993Mhz. Sehingga untuk proses 3D akan mengkonsumsi power lebih besar.

Apa yang dapat dilakukan untuk menghemat power pada VGA PowerColor Radeon HD 4850. Caranya dengan memainkan kinerja clock GPU dan memory.

Tetapi tidak disarankan menurunkan kecepatan putaran fan. Mengingat kinerja fan sangat berhubungan dengan panas GPU, dan bekerja secara dinamis mengikuti perkembangan temperatur dari GPU dan memory.

Untuk percobaan dilakukan 2 cara pada dibawah ini, sehingga VGA PowerColor Radeon HD 4850 dapat lebih minimal mengkonsumsi power

Hardware yang digunakan dibawah ini :

CPU : Intel E8500 3.16Ghz, speed default
VGA : PowerColor HD4850.
Board : Gigabyte GA-X48T-DQ6 DDR3 Intel® X48
Cooler: Zalman CNPS 9700.
Memory : 4GB Kingston DDR3 PC1066 (clock 800Mhz)
Power : Corsair HX 520
Harddisk : Hitachi 250B SATA, Seagate 120GB SATA data
Monitor : Acer P223W

Untuk recording konsumi power , mengunakan digital ampere meter dan mencatat seluruh kebutuhan power listrik untuk computer.

Tweak menurunkan kinerja VGA dengan 2D

VGA dengan kekuatan besar tentu akan memboroskan pemakaian power computer. PowerColor Radeon HD 4850 memiliki kecepatan default 2D dengan 500Mhz untuk GPU dan 993Mhz untuk memory

Bila anda sering mengunakan VGA dengan perfoma papan atas, seperti PowerColor Radeon HD 4850. Tetapi lebih banyak memanfaatkan untuk aplikasi biasa seperti video editing, office dan sebagainya. Sementara kinerja 3D jarang digunakan , maka VGA secara tidak langsung VGA akan membuang power cukup besar.

Untuk menurunkan kinerja VGA, untuk konsumsi power 2D memang tidak akan berdampak besar. Karena bagian terbesar sudah diminimalkan oleh produsen chip. Misalnya PowerColor Radeon HD 4850 memang sudah mengatur kecepatan minimal pada GPU dengan 500Mhz untuk performa 2D.

Tetapi satu cara agar PowerColor Radeon HD 4850 lebih hemat memakai power. Karena PowerColor Radeon HD 4850 mengunakan clock speed memory pada kecepatan 993Mhz. Pada setting Overdrive terdapat pilihan kinerja memory agar diturunkan sampai 750Mhz. Kunci pada kecepatan memory minimum menjadi 750Mhz, sehingga memory VGA tidak terlalu besar mengunakan power.

Walaupun dampaknya tidak terlalu besar, tetapi kinerja VGA tidak terasa berbeda dibandingkan kecepatan default yang diberikan pabrikan. Selisih penghematan dengan kecepatan VGA asli dan setelah diturunkan, menjadi 135W dari seluruh kebutuhan power PC. Sementara dengan kecepatan standar akan mencapai 141W untuk total konsumsi power computer.

Perbedaan selisih 6W memang tidak berdampak besar, tetapi kinerja memory yang tidak perlu dapat ditekan. Selain menghemat power, maka panas memory tidak akan menambah beban kerja fan VGA.

Tweak menurunkan kinerja VGA dengan 3D

Apakah akan berdampak juga dengan konsumsi power VGA ketika digunakan untuk 3D. Jawabannya tentu dan berdampak lebih besar . Kami mencoba menurunkan kecepatan default 625Mhz (GPU) / 993Mhz (Memory) menjadi 500Mhz (GPU) / 750Mhz (Memory) melalui software Overdrive dari ATI. Selisih konsumsi power lebih rendah 20W. Seperti gambar grafik dibawah ini, ketika kinerja VGA dilakukan penuh maka konsumsi power mencapai 230W. Bila kecepatan VGA diturunkan akan berada antara 210W.

Pertanyaan lain, apakah kinerja VGA akan ikut turun. Sudah pasti menurun tetapi hasil performa penurunan nantinya akan relatif. Dengan mengikat kecepatan VGA pada titik minimum untuk GPU dan memory agar menghemat konsumsi power, sehingga performa VGA akan dampaknya pada game dan menjadi lebih lambat.

Pada test dibawah ini adalah catatan dari kecepatan VGA dengan game COD5. Dengan mengunakan resolusi 1680 x 1050 widescreen, kinerja VGA akan menurun antara 10-15 frame.

Perlu tidaknya menurunkan kinerja VGA agar lebih hemat

Kapan kita perlu berhemat dan tidak perlu membuang energi listrik pada computer

  • Bila computer mengunakan VGA power besar. Sementara computer lebih banyak digunakan pada posisi stand-by dan aplikasi biasa, maka langkah menurunkan kecepatan memory dari ATI Overdrive akan menghemat konsumsi power.
  • Sedang untuk aplikasi game 3D yang tidak terlalu intensif, seperti RTS game. Mengunakan setting minimal untuk VGA adalah cara yang bijaksana untuk menghemat power computer.
  • Kombinasi antara menurunkan kecepatan memory VGA dan GPU, menjadi alternatif untuk sebuah computer agar lebih hemat bekerja. Misalnya tetap mempertahankan kinerja memory , sementara kecepatan GPU ditekan seminimal mungkin. Gunakan setting kekuatan VGA yang anda butuhkan sehingga konsumsi power dapat ditekan.
  • Bila computer masih mengunakan power supply yang boros, dampaknya akan lebih besar dalam menghemat power listrik.

Mendidik diri sendiri agar hemat mengunakan energi adalah langkah bijak bagi kehidupan manusia. Langkah akhir tentu ditangan anda, sebagai pecinta computer


0 komentar:

Posting Komentar

 
Home | About | Link | Link
Simple Proff Blogger Template Created By Herro | Inspiring By Busy Bee Woo Themes